Eksplorasi alam Patihombo : "Lets dream together !"

,
Lets dream , together

#kledok'an
#jalan wisata
#mencari rute sepeda
#alam patihombo

Begitu luar biasa , sihir alam yang memukau rasa syukur kita ..sebuah "keindahan" ,bukan tentang pemandangan langit yang indah ,gunung yang besar namun kepadatan almiah sebuah rasa di dada bahwa keindahan ini menyentuh masa lalu dan masa depan , di tempat-tempat ini  menjadi sebuah napak tilas dan napak yang akan datang , memanggil lagi cerita ketika seorang orang tua selalu berwibawa dan seorang anak bertelanjang dada seolah menari dengan cangkulnya , wajah-wajah asli ketika berprosesnya waktu dan negri ini .. sekelompok anak berjalan dan terjun dalam kedung dan siraman air mengalir .. meminum air kelapa dan menyantap dagingnya,atau sebaliknya memanggil cerita ketika kamera menjadi tarian di tangan dengan berbaurnya kerajaan dari seberang dunia.. mari kita sejenak memimpikan itu , Patihombo .. kenalilah ini mendaki dirimu sendiri  . Ya ..itu lamunan dan sejenak di dalam perjalanannya .





Minggu siang ,27 januari 2019 kita memulai eksplorasi alam patihomno  di wilayah ladang sekitar kledok'an melewati singklek dan njo'oo .melewati pohon besar yang legendaris saksi bisu pergantian beberapa generasi yaitu pohon mangga besar yang biasa di sebut "Wit Peleme Singo dimejo" , seklumit cerita lucu ketika masa kecil selalu di terjemahkan dalam bahasa inggris menjadi "Lion on the table" Dalam ekplorasi kali ini kita mencoba simulasi sebuah rute jelajah yang sedang menjadi wacana untuk di tawarkan pada wisatawan nantinya . Dalam perjalanannya kita melihat ternyata pohon durennya sudah lebih banyak dari perkiraan .." 9 tahun lagi bakal jadi kebon duren ini "ungkap salah satu dari kami. Dan terlihat juga dari jauh segerombolan duren masih bergelantungan di cabang pohon duren yang sudah besar.
Ada juga Fenomena-fenomena alami seperti pohon aren yang pucuknya di ikat dengan pohon menjalar menjadi karya-karya alam yang tiap musimya akan berganti , tidak ada dalam foto tidak bisa mangambilnya .. hanya mampu di nikmati ,selintas pandang ..di sini .
ket gambar : wit pelem singo dimejo

Eksplorasi ini adalah salah satu tindak lanjut rapat Marsudi karyo kemarin , lanjutan dari kegiatan-kegiatan terdahulu dan lanjutan dari terbangunnya sebuah hal yang lebih berwarna , meninggalkan pada anak cucu generasi ini sebuah mimpi dalam lingkaran kehidupan ndeso ,pertanian dan memasukkan rasa berwisata dalam segala alurnya .

ket gambar : ini adalah ujung jalan baru itu


Tujuan dari ekplorasi kali ini sebenarnya kita juga ingin melihat perkembangan jalan tembus dari arah prangkokan yang sudah menembus sawah dan bisa di lewati motor sampai bawah njo'oo ,bawah pohon singo dimejo tadi .. dan memang benar , kita bertemu dengan warga prangkokan yang ke ngalas bisa pake motor sampe lokasi , mantab sekali . Kita memang belum menanyakan langsung pada pihak pembuat terkait jalan tembus ini ,nanti tembusnya dimana..hanya nanti perlu dimasukkan kedalam pertimbangan kita untuk ikut menangkap nilainya dari sini , atau lebih baik lagi bisa ikut berpartisipasi dalam hal ini . Itu ranah para 'punggowo nagari ' .Namun kita sangat mengapresiasi terobosan ini.

Kita mengambil beberapa foto dalam perjalanannya ,  bahkan sempat mandi di kedung dan kalen ( sungai pegunungan) 




ket gambar : ini adalah jalan baru sudah masuk wilayah prangkokan



"Lets dream together "

menjadikanya kenyataan di masa depan potensi alam di wilayah patihombo dan sekitarnya ,untuk melengkapi sektor-sektor lainya dan memberi rasa dalam kehidupan pedesaan menjadi lebih berwarna .

Ket :
-kata singklek , njo'oo dan kledokan : adalah nama /sebutan sebuah wilayah / ladang warga di patihombo
-kalen : aliran air semacam sungai kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar