Patihombo : Eksperimen membuat teh

,


kita melanjutkan eksperimen membuat teh agar bisa menghasilkan rasa yang lebih baik,hari ini kita mendapat bimbingan dari pak jumanto dan pak heru (dari dinas perkebunan)bersama bu surati dari pelaksana harian produsen teh dari samigaluh , bu surati membawa beberapa sample yang sudah jadi dengan rasa-rasa yang cukup unik dan yang jelas sudah beredar di pasar .. disini kita akan membandingkan rasa dari teh buatan kita yang di kerjakan dengan cara yang agak berbeda yaitu cara penggorenganya yang menggunakan wajan putar ... dari hasil eksperimen bersama ini kami mendapatkan beberapa ilmu , tukar ilmu dan hal yang paling kelihatan adalah saling berbagi semangat sesama pelaku teh .

Dari pembelajaran hari ini kita sekarang lebih memahami proses teh hijau , teh hitam  , dimana perbedaannya terletak pada lamanya proses fermentasi setelah steam ( steam bahasa jawanya di dang /di kukus ).
dari sini juga kita bisa mengenali teh yang baik atau teh standar yang biasa di sebut teh krosok .
memang pemahaman seperti itu bisa kita pelajari dari buku ataupun google namun akan sangat beda sekali hasilnya kalo pengetahuan itu didapat dari diskusi yang langsung praktek seperti yang kita lakukan karena soulnya lebih dapat , proses sama pentingnya dengan tujuan .

Ada hal yang menarik juga hari ini dari obrolan kita dengan pak jumanto tentang beberapa kegagalan yang lumrah didapatkan dari masing-masing pelaku eksperimen teh... sebagai contoh ada yang pengalaman gagalnya menghabiskan 15 kilo teh terbuang , kripik teh juga terbuang dan sebagainya , menurut pak jumanto "itulah ... kegagalan itu ongkosnya kita berjuang.... itu hal lumrah , semangatnya ada disitu"

Menurut rencana hasil teh produksi itu nantinya yang akan dijadikan salah satu pendukung untuk menarik wisatawan,baik berupa suguhan , paketan atau apapun bentuknya yang penting ada barangnya dulu ... karena berdekatan dengan lebaran maka kemungkinan akan di lanjutkan setelah lebaran untuk yang kelompok .. kalo untuk eksperimen pribadi ,tentu saja bebas ... untuk mengobati penasaran bisa saja di lakukan tiap hari .. srmangattt.

di bawah ini kita sajikan beberapa videonya dalam eksperime kita hari ini.





atau langsung ke chanel youtubenya DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar