"Mugo-mugo dadi rejeki" Edisi hasil bumi kampung teko patihombo


(Ket gambar : di ambil dari kebun pak edi sulis ndukuh)
Vanili

Tanaman vanili adalah salah satu tanaman yang ada di patihombo , dulunya memang banyak dan bisa di andalkan namun sekarang istilahnya hanya "ada" ... karena mayoritas punya maski sudah tidak banyak .. harga vanili saat ini sangat tinggi sehingga kalau ada warga yang saat ini megalami panen dalam jumlah yang lumayan maka bisa di pastikan anugrah .. untuk saat ini kebun yang kusus di tanami vanili sudah tidak ada di patihombo ,pada umumnya tanaman vanili di tanam bebarengan dengan tanaman-tanaman lain dan tanaman lain tersebut di jadikan lanjaranya .. untuk sebagai gambaran saja bentuk dan beberapa hal tentang vanili,Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Panjang rata-rata 15 cm. Tumbuhan melekat pada pohon atau tonggak yang telah disediakan.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berselang-seling pada masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lebar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun masih muda tidak jelas kelihatan.

Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm dan berbau agak harum.
Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam petal. Satu dari petalnya berubah bentuk, menggulung seperti corong yang disebut
bibir (rostelum) .


(Ket gambar : di ambil dari kebun pak edi sulis ndukuh)

Pisang

kalau berbicara tentang pisang , maka pisang adalah termasuk tanaman pokok yang ada di patihombo disamping cengkeh , kopi dan ramban ... pisang adalh salah satu hasil ladang yang ada setiap saat di patihombo, berikut ini kita uraikan edikit tentang pisang...Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buahnya tersusun dalam
tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir . Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna
kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi ( karbohidrat ) dan mineral, terutama kalium .

dan banyak lagi tanaman-tanaman lain yang bisa di pelajari disini , sementara sekian dulu ... visit patihombo untuk membuktikanya ..

disini ada beberapa tempat wisata juga yang patut di kunjungi .. banyak inspirasi di sini ... untuk pemandu terutama kelompok yang ingin berkunjung ke kampung teko patihombo hub 085228028131 .. hanya bisa di hubungi melalui wa .. kita juga menyediakan home stay untuk yang berkeinginan live in atau sekedar menginap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar